5 Tips Menulis Factual Report Text

Report text adalah jenis teks yang menjabarkan penemuan-penemuan dari hasil penelitian tertentu. Informasi yang dituliskan di dalamnya sangat umum. Tujuan report text adalah menyajikan informasi secara umum kepada pembaca.

Berbeda dengan fiksi, teks jenis ini mengedepankan fakta sebagai dasar penulisannya sehingga sering disebut sebagai factual report text. Hal-hal yang dibicarakan dalam report text berhubungan dengan fenomena alam seperti flora, fauna, tata surya, kota, dan negara.

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menulis factual report text agar menarik dibaca, simak penjelasan singkat, tips-tips, dan contoh di bawah ini:

Factual Report Text

Perbedaan antara factual report text dan descriptive text

Factual report text dan descriptive text merupakan dua jenis teks yang sama-sama masuk dalam kategori expository. Keduanya bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu kepada pembaca. Bedanya, report text menjelaskan suatu benda secara umum sedangkan descriptive text menjelaskan suatu benda secara khusus/spesifik. Report text bersifat faktual dan ilmiah. Di sisi lain, descriptive text dapat penuh dengan opini pribadi karena menceritakan suatu hal yang tidak ada duanya.

Kamu dapat melihat ciri-ciri report text dan descriptive text langsung dari judulnya. Report text biasanya akan memiliki judul-judul yang formal/berupa kata umum seperti “Tigers” atau “Lilies”. Sementara itu, judul-judul descriptive text lebih khusus seperti “History of the Wright Brothers”.


Tips menulis factual report text

Penulis report text yang baik mengetahui bahwa tulisannya adalah akhir dari suatu proses observasi. Sebuah teks report yang baik ditulis secara efektif dan jelas. Dalam menulis factual report text, perhatikan hal-hal berikut:

1. Pertimbangkan pengetahuan pembaca

Masalah umum dalam menulis factual report text adalah melebih-lebihkan atau meremehkan pengetahuan pembaca. Oleh karena itu, kenali seberapa banyak pembaca kamu mengetahui topik yang akan kamu sampaikan dan gunakan informasi tersebut untuk menulis teks pada tingkat pengetahuan yang sesuai dengan pembaca kamu. Jangan membanjiri tulisan kamu dengan banyak jaron atau membuat pembaca kamu bosan karena informasi yang kamu sampaikan terlalu sederhana di mata mereka.

2. Pahami minat pembaca

Pikirkan tentang sikap pembaca. Mereka mungkin memiliki minat, kesukaan, atau ketidaksukaan tertentu. Tulislah laporan yang menarik karena jika tidak mereka akan mengabaikan tulisan kamu. Renungkan apakah orang yang akan membaca tulisan kamu sudah memiliki pengetahuan atau opini tertentu terhadap topik tersebut atau tidak.

3. Putuskan pengetahuan apa yang akan kamu bagikan kepada pembaca

Putuskan pengetahuan faktual apa saja yang dibutuhkan pembaca. Pertimbangkan sejauh mana kamu perlu memberikan informasi latar belakang atau mendefinisikan istilah teknis.

4. Gunakan visualisasi menarik

Manfaatkan foto, tabel, diagram, dan gambar-gambar untuk menyajikan data. Bantuan visualisasi tersebut dapat menarik minat pembaca sehingga mereka membaca hingga selesai.

5. Pelajari report text sebelumnya

Cobalah untuk mendapatkan salinan report text serupa yang ditulis untuk audiens yang dituju. Ini akan memberikan gagasan jelas tentang apa yang diharapkan pembaca dari tulisan kamu.


Contoh factual report text singkat

Antarctica is a continent that is situated at and around the South Pole. It is the coldest, windiest, highest, and driest continent in the world.

Most of Antarctica is covered in snow and very thick ice. Its ice makes up nearly 70% of the world’s fresh water.

Antarctica’s average rainfall is lower than in many desert areas in the world. Because of its size and climate, it is possible to say that Antarctica is the largest desert in the world, even bigger than Sahara.

Due to its extreme conditions, there is no human that lives here other than researchers. They are working at research stations. Its land is also absent from land vertebrates. However, a handful of insects and worms live there. Other animals inhabit waters and shores such as seabirds, seals, whales, dolphins, and penguins.

Apart from the extremities of its climate, Antarctica is one of the most spectacular places on Earth. This continent also has an important role in maintaining water levels in the sea.


Bagaimana? Sudah jelaskah kamu mengenai factual report text? Layangkan tanggapan kamu di kolom komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.