Cara Belajar TOEFL Secara Otodidak Yang Mudah Dipahami

Cara Belajar TOEFL Secara Otodidak | Ketika dihadapi dengan keharusan mengambil test TOEFL (Test Of English As Foreign Language) otomatis orang akan berfikir mengambil kursus atau membeli buku. Mendapatkan skor tinggi diasosiasikan dengan bantuan tenaga ahli baik dari material bacaan atau bantuan pengajar Bahasa Inggris.

Walaupun demikian, belajar TOEFL bisa lebih cepat dilakukan sendiri karena dapat menyesuaikan dengan gaya belajar dan jadwal tiap orang yang berbeda-beda. 

Bila mengetahui triknya maka siapapun dapat menguasai materi TOEFL dan mendapat skor yang memuaskan. Karena dikerjakan sendiri tentu harus lebih rajin dan cermat, karena mengandalkan kemauan sendiri. Berikut adalah beberapa cara mempelajari TOEFL yang bisa dilakukan secara otodidak. 

Cara Belajar TOEFL Secara Otodidak

1. Materi TOEFL  

Karena akan belajar secara mandiri, maka penting untuk membeli materi TOEFL yang banyak dijual bebas. Test yang terbagi dari beberapa kemampuan seperti listening yang memerlukan kaset, tape, laptop dan headset perlu dimiliki sendiri agar dapat belajar secara maksimal. Sesuaikan kebutuhan alat penunjang dengan materi yang akan dipelajari.

2. Latihan Setiap Skill

Saat belajar TOEFL, Anda juga harus mengetahui kemampuan apa saja yang harus dikuasai dan tips untuk mengerjakannya. Tiap tes kemampuan memiliki cara pengerjaan yang berbeda-beda. 

Listening

Anda perlu latihan berbagai posisi dari tape, karena ketika menjalani test, posisinya bisa berada jauh atau dekat dari tempat duduk Anda. Berlatih konsentrasi sangat dibutuhkan untuk mengerjakan soal ini.  

Grammar

beberapa cara belajar TOEFL secara otodidak yang efektif adalah membaca buku TOEFL yang umumnya membahas tentang soal grammar. Lakukan latihan secara rutin, baik melihat buku dan pembahasannya atau mengandalkan materi online. 

Reading

Perbanyak pembendaharaan kosa kata dengan banyak membaca. Pahami dan coba terapkan berbagai trik menyelesaikan soal reading yang banyak dibahas pada buku TOEFL. Diantaranya adalah membaca pilihan ganda dan mencocokannya dengan teks dengan menitik beratkan soal yang menanyakan main idea atau jawaban yang ada dalam teks. 

3. Test TOEFL Online

Manfaatkan berbagai Test TOEFL yang tersedia secara online. Selain bisa dilakukan dirumah, diwaktu luang yang dapat diatur sendiri, menggunakan layanan online akan membuat Anda lebih santai dan siap dalam belajar TOEFL. Kendala seperti kelelahan, lapar atau mengantuk bisa diatasi dengan mengandalkan internet. 

4. Struktur Kata Vocabulary

Porsi grammar mengambil bagian paling banyak pada soal TOEFL. Oleh karena itu selain mempelajari tata bahasa juga harus mengetahui pembagian kelas kata. Dengan demikian Anda akan lebih mudah memahami sebuah pertanyaan dan memberikan jawaban yang sesuai. Lengetahui perbedaan pembagian subject dan objek beserta posisi verb, noun dan adjective adalah merupakan dasar dalam penguasaan materi grammar TOEFL.  

5. Manajemen Waktu 

Belajar sendiri berarti mengatur waktu tanpa ada paksaan dari orang lain, guru atau tempat kursus. Luangkan setiap hari untuk konsentrasi memahami TOEFL dan mengerjakan soal-soal latihan. Pada saat tes sebenarnya, Anda hanya memiliki waktu sekitar semenit untuk menyelesaikan satu soal. Oleh karena itu, perlu dilatik kecepatan dalam mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. 

Baca juga : Tips Belajar Bahasa Inggris Yang Cepat dan Mudah


Tips diatas dapat dicoba untuk memahami soal TOEFL dan menyiasati bagaimana mengerjakannya. Akan ada kejenuhan dan kebingungan dalam beberapa hal yang tidak tertulis dalam buku atau materi yang diperoleh dengan bebas.

Namun, belajar TOEFL dengan mencari tahu sendiri materi yang dikuasai dan tidak menjadi kelebihan dari orang yang belajar sendiri tanpa harus mengikuti kursus. Selain itu, Anda bisa membuatnya lebih menyenangkan dengan belajar dengan teman, sesekali menggunakan musik dan film untuk mempermudah penyerapan materi.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.