5 Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Kursus

5 Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Kursus | Bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa universal sekitar Perang Dunia II. Jauh sebelum itu, bahasa ini telah digunakan secara luas oleh penduduk Inggris dan negara-negara koloni Inggris yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Dua koloni Inggris terbesar kala itu adalah Amerika Utara dan Australia. Dua negara dari wilayah itu, Amerika Serikat dan Australia, menetapkan Inggris sebagai bahasa resmi mereka.

Tidak hanya itu, Inggris dan Amerika Serikat juga merupakan dua negara adidaya yang banyak mengekspor budaya populer seperti musik, film, dan kesenian lainnya. Budaya-budaya populer ini cepat dikenal masyarakat dunia dan digandrungi banyak orang sehingga bahasa Inggris pun ikut dikenal.

Dewasa ini, bahkan bahasa Inggris telah memengaruhi bahasa gaul bahasa-bahasa lokal. Kita hidup tidak lepas dari penggunaan bahasa Inggris selain bahasa daerah dan nasional kita. Oleh sebab itu, lancar berbahasa Inggris menjadi salah satu modal kita untuk dapat mencapai cita-cita.

Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Kiat-kiat lancar percakapan bahasa Inggris tanpa kursus

Belajar berbahasa pada umumnya, bahasa Inggris pada khususnya, sebenarnya tidak melulu harus dilakukan di sekolah atau tempat kursus. Malah, karena bahasa sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, kita harus melatih keahlian ini sebisa mungkin setiap saat. Apalagi, kalau kita ingin lancar berbicara bahasa Inggris, kita harus sering-sering mempraktikkannya!

Nah, apa saja kiat agar cepat lancar berbicara bahasa Inggris? Simak, ya.

1. Banyak membaca, mendengarkan lagu, dan menonton film berbahasa Inggris

Ketiga kegiatan tersebut tidak hanya menghibur dan menghabiskan waktu luang dengan bermanfaat saja tetapi juga melatih reading and listening skills kamu.

Bacalah buku-buku dengan tema yang kamu sukai dan level bahasa Inggris yang sesuai. Kami sarankan kamu untuk mencari dan membaca buku-buku novel berbahasa Inggris yang simplified. Bahasa dalam buku-buku itu biasanya digolongkan menjadi beginner, intermediate, dan expert. Tambahan pula, biasanya, di bagian belakang buku, akan ada daftar kosa kata sulit yang muncul di cerita. Pelajarilah dengan saksama kosa kata tersebut.

Sementara itu, musik sudah dikenal sebagai “bahasa” universal. Maksudnya, melodi dalam musik memudahkan kita untuk menangkap pesan dalam lirik lagu meski lagu tersebut menggunakan bahasa asing. Pilihlah lagu dengan lirik lagu yang mudah dihapal, dengan penyanyi yang jelas melafalkan liriknya. Situs-situs seperti genius.com membedah lirik lagu secara detail.

Kamu dapat menggunakannya sebagai rujukan untuk menambah wawasan kamu tentang konteks kata-kata dalam lirik lagu yang sedang kamu dengarkan.

Terakhir, menonton film sebagai sarana belajar bahasa Inggris sudah terbukti efektif. Gambaran percakapan sehari-hari tersaji lengkap dalam sebuah film. Tidak hanya itu, kamu juga dapat belajar budaya-budaya yang menjadi latar belakang film-film itu.

Baca juga : Cara Cepat Pintar Bahasa Inggris Lewat Nonton Film

2. Praktikkan percakapan sehari-hari dengan teman-temanmu

Setelah mendapatkan gambaran tentang konteks berbicara dalam bahasa Inggris, praktikkan dengan teman-temanmu. Minta temanmu yang lebih mahir berbahasa Inggris mencontohkan bagaimana sebuah kata sulit dilafalkan. Latihlah terus-menerus kata-kata sulit itu sampai kamu dapat menggunakannya dalam konteks yang tepat dan mengucapkannya dengan lancar. Bila perlu, buat jadwal satu hari harus berbahasa Inggris dengan siapa pun yang mengerti bahasa tersebut.

3. Rutinlah mengisi jurnal pribadi berbahasa Inggris

Buku harian (diary) adalah sarana tepat untuk melancarkan kemahiran berbahasa. Sebelum tidur, rutinlah menuliskan kejadian-kejadian yang terjadi sepanjang hari. Curahkan segala uneg-uneg yang ada di pikiranmu. Setelah itu, susun dan tulis jadwal kegiatanmu esok hari. Lakukan ini secara rutin sehingga kamu terbiasa membuat laporan terstruktur dalam bahasa Inggris.

4. Seringlah menyambangi forum-forum internasional

Di zaman internet yang serba mudah ini, kamu dapat berbagi dengan teman-teman di seluruh dunia di forum internasional. Manfaatkan forum-forum tersebut untuk berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Dari semua forum yang ada, yang termudah adalah forum hobi. Misalnya, kamu suka merakit robot-robotan. Cari saja forum dengan interest tersebut. Bacalah isi postingan di forum itu dan mulailah menanggapi postingan orang lain.

Jika sudah menguasi aturan dalam forum, mulailah posting tentang hobimu itu dan tanggapi komentar-komentar yang ada. Ingatlah bahwa kamu harus tetap berhati-hati selama berforum ria. Jangan mudah memberikan identitasmu kepada orang lain apalagi informasi penting seperti nomor kartu kredit dan semacamnya. Kamu juga harus berpikiran terbuka terhadap tanggapan orang-orang karena mereka berasal dari berbagai latar belakang termasuk bahasa dan budaya. Bersikaplah lapang dada jika dikritik. Junjung tinggi etika dalam bersosialisasi di internet.

5. Selalu up-to-date terhadap tren berbahasa

Mengerti bahasa gaul sangat memudahkan kamu untuk memahirkan kemampuan berbahasa. Bahasa itu sangat fluid, sangat mudah dipengaruhi penggunanya. Bahasa gaul orang Inggris tentu berbeda dengan bahasa gaul orang Amerika. Meski tidak mungkin untuk selalu up-to-date 100%, setidaknya ketahui istilah-istilah yang sedang ngetren belakangan ini. Langkah ini akan memudahkan kamu mengerti obrolan orang-orang terutama di dunia maya.

Nah, 5 tips di atas niscaya dapat membantu kamu lancar berbahasa Inggris tanpa kursus. Punya tips lain? Silakan kemukakan tips kamu di komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.