Cara Cepat Pintar Bahasa Inggris Lewat Nonton Film

Cara Cepat Pintar Bahasa Inggris Lewat Nonton Film | Menonton film merupakan salah satu cara mengisi waktu luang yang instan sekaligus menghibur. Dewasa ini, menonton film pilihan tidak hanya bisa dilakukan di bioskop-bioskop pada jam-jam tertentu saja tetapi juga di rumah setiap saat.

Dengan fasilitas modern seperti TV kabel, video streaming, hingga video on-demand, kamu dapat menonton film pilihanmu di perangkat elektronik yang kamu punyai ; televisi, handphone, hingga konsol game.

Tahukah kamu bahwa belajar bahasa asing melalui film sangat efektif ketimbang belajar melalui buku teks?

Nonton Film

Mengapa Bahasa Inggris Penting?

Ini 5 hal mengapa belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris, bermanfaat untuk meningkatkan kemahiran berbahasamu :

1. Mengetahui bahasa Inggris “yang sesungguhnya”

Buku teks adalah sumber referensi yang tepat untuk belajar kosa kata atau tata bahasa. Meski begitu, seringkali kita tidak punya gambaran bagaimana kalimat-kalimat dalam buku teks tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menonton film Inggris atau Amerika, kamu dapat mempelajari bahasa Inggris modern dan kosa kata serta gaya bahasa penutur asli bahasa Inggris.

2. Mengerti pelafalan kata-kata bahasa Inggris dengan jelas dan tepat

Sebagai orang bukan penutur asli bahasa Inggris, terkadang kita dibuat bingung dengan cara pelafalan suatu kata asing. Dengan menonton film, kita dapat mendengar pelafalan kata-kata bahasa Inggris yang benar. Lagipula, sebagian besar aktor film (tergantung peran yang dimainkan) memiliki suara yang jelas dan tegas saat mengucapkan dialog-dialog mereka.

3. Memahami konteks penggunaan kata-kata dengan lebih nyata

Saat kamu mempelajari kata-kata baru, terkadang sulit untuk menerapkan dengan tepat. Kamu dapat melihat bagaimana para aktor film menggunakan kata tersebut dalam konteks yang benar agar kamu dapat mengingat arti kata baru itu dengan lebih efektif.

4. Menambah wawasan tentang aksen bahasa Inggris

Buku teks sangat jarang, bahkan tidak pernah, memberi tahu kita tentang aksen bahasa Inggris. Padahal, aksen penutur bahasa Inggris  ada banyak macamnya sesuai asalnya. Misalnya, ada aksen British English dan American English. Nah, kamu dapat menambah wawasanmu tentang aksen bahasa Inggris dari film yang kamu tonton.

5. Mempelajari budaya-budaya asing di film

Bahasa dan budaya sangat bersinggungan satu sama lain. Dengan mempelajari bahasa, kamu juga bakal mempelajari budaya di baliknya. Film adalah sarana audiovisual paling menarik untuk belajar keduanya sekaligus.

Baca juga : Cara Membuat Parafrasa Teks


Belajar Bahasa Inggris dari Film

Belajar Bahasa Inggris dari Film

Lantas, film apa saja yang direkomendasikan untuk kamu tonton? Ini tips memilih film berbahasa Inggris terbaik :

1. Pilih film sesuai genre yang kamu suka

Kelihatannya sepele, tetapi kalau kamu asal memilih film, bisa dipastikan kamu akan merasa bosan di tengah jalan dan tidak memerhatikan dengan sungguh-sungguh percakapan para tokoh di dalamnya. Tentukan dulu genre film yang kamu suka, apakah itu aksi, horor, romansa, petualangan, dokumenter, dll. Gunakan situs-situs seperti IMDB untuk menemukan film sesuai genre. Tidak hanya itu, jika kamu penggemar aktor/aktris tertentu, kamu dapat mencari film yang diperankan oleh mereka di situs ini.

2. Perhatikan rating film yang akan kamu tonton

Rating film menunjukkan target penonton dari film tersebut. Pilihlah film dengan rating yang tepat. Tujuannya, agar kamu nyaman saat menonton dan memperoleh wawasan sesuai umur kamu. The Film Rating System mengkategorikan rating film dalam lima kategori yaitu General Audiences (G), Parental Guidance Suggested (PG), Parents Strongly Cautioned (PG-13), Restricted (R), dan No One 17 and Under Admitted (NC-17).

3. Jangan menonton film yang terlalu sulit dipahami

Apabila kamu menilai kemampuan bahasa Inggrismu masih pas-pasan, carilah film dengan bahasa yang mudah dipahami. Film anak-anak biasanya menjadi acuan cepat untuk hal ini. Akan tetapi, jika kamu merasa kamu memahami sebagian besar (misalnya di atas 80%) dialog dalam film yang kamu tonton, mungkin film itu terlalu mudah buat kamu. Cari tantangan dengan menonton film lainnya.

3. Buat target memahami 70% dari film

Saat menonton film sembari belajar bahasa Inggris, kamu harus memasang target dapat memahami film itu secara umum. Kamu tidak perlu paham kata per kata. Bahkan, apabila kamu melewatkan sejumlah dialog, itu bukan masalah besar. Kamu dapat menonton film itu lagi untuk menulis kosa kata baru. Namun, hindari terlalu banyak mencatat saat menonton film.

4. Nyalakan fitur subtitle hanya saat diperlukan

Karena kamu perlu mengetahui kata yang diucapkan para aktor, adalah ide yang baik untuk menyalakan subtitle saat menonton film tersebut pertama kalinya. Setelah itu, matikan fitur ini untuk mengasah kemampuan listening kamu.

Sebagai permulaan, jika kamu menyukai film fantasi, tontolah film Harry Potter, The Wizard of Oz, Willy Wonka & the Chocolate Factory, dan Big Hero 6. Apa komentarmu setelah melihat film-film tersebut? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.