Trik Mudah Belajar Tense dengan Cepat

Trik Mudah Belajar Tense dengan Cepat | Menguasai Bahasa Inggris terutama tense merupakan sebuah tantangan. Tata bahasa tersebut memiliki beragam bentuk dan rumus untuk dihafal dan dipahami. Walaupun demikian belajar tense dapat dilakukan, dengan mengikuti tips yang tepat.

Dengan tekad dan latihan maka Anda bukan hanya dapat menghafalnya, namun juga bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan. 

Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

1. Perbedaan waktu

Ada pembagian waktu yang memiliki ciri yang mirip. Dengan mengandalkan persamaan tersebut, Anda akan lebih mudah mengingat rumus dan juga mengenali sebuah tense. Perhatikan bahwa waktu (saat ini) present, (masa lalu) past, (akan datang) future adalah ketiga perbedaan waktu yang saling berkaitan. Semakin jauh dari masa sekarang makin semakin kompleks rumus dan pengertiannya. 

2. Bentuk Kalimat

Ketiga waktu tersebut kemudian dibagi lagi dalam bentuk dari tiap tense. Tiap kejadian yang terjadi disuatu waktu dapat berupa sesuatu yang simple (sederhana), continous (sedang berlangsung), perfect (sudah terjadi) dan perfect continous (sudah sedang terjadi diwaktu tertentu). Semua  waktu baik present time, past atau future memiliki bentuk kalimat diatas. 

3. Verb dan Non Verb

Khusus simple present dan simple past ada kalimat yang tidak menggunakan kata kerja (verb). Hal ini dikarenakan ada fakta yang terjadi saat ini dan di masa lalu atau bila dibuat menjadi kalimat menggunakan to be (adjective dan noun). Oleh karena itu sangat penting memiliki pembendaharaan vocabulary yang banyak serta dapat membedaan mana kata kerja, sifat atau benda. 

4. Verb

Tense lainnya menggunakan verb (kata kerja). Untuk dapat belajar tense dengan efektif. Anda harus mengetahui verb yang sering digunakan dalam Bahasa Ingggris dan perubahannya baik sebagai reguler verb maupun irreguler verb. karena pada waktu dan kalimat tertentu penggunaan verb yang benar sangat menentukan. 

5. Pelajari Rumus

Secara total terdapat 16 bentuk tense beserta rumusnya. Oleh karena itu mempelajari tense dengan cara melihat kemiripan pada rumus bisa memudahkan penguasaan materinya. Faktanya rumus tense mengikuti bentuk subjek-Predikat-objek, terbagi dengan waktu dan membuat kalimat terbagi menjadi kalimat positif, negatif dan tanya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah persamaan rumusannya.  

#Simple Tense

Dalam belajar tense perlu memahami rumus. Pada simple tense menyatakan tentang fakta, kebiasaan sehari-hari yang rumusnya cukup pendek dan sederhana. Pada tense ini dapat membahas bukan hanva verb namun juga non-verb.  

  • Present Tense : S+verb1 atau S+is/are/am+o
  • Past Tense : S+verb2 atau S+was/were+o
  • Future Tense : S+will+verb1

#Continous Tense

Kalimat continous terdiri dari dua kalimat yang salah satunya sedang berlangsung ketika ada aktifitas lain mengintervensi. 

  • Present Continous Tense : S+is/are/am+verb1+ing
  • Past Continous Tense : S+was/were+verb1+ing
  • Future Continous Tense : S+will+be+verb+ing

#Perfect Tense

Bila aktifitas sudah dilakukan pada waktu tertentu akan terbentuk rumusan berikut. Dalam kalimat tense ini tidak berdiri sendiri namun bersama tense lain untuk membedakan antara selesai baru saja atau selesai dimasa lalu.  Selain itu tense yang digunakan adalah verb 3.

  • Present Perfect Tense : S+has/have+verb3
  • Past Perfect Tense : S+had+verb3
  • Future Perfect Tense : S+will+have+verb3

Baca juga : Perbedaan Simple Past Tense Dan Present Perfect Tense

Setelah menyimak beberapa tips mudah untuk belajar tense diatas, maka buktikan sendiri apakah Anda dapat memahami tense sekarang dengan lebih baik. Lengkapi penguasaannya dengan berlatih untuk menulis dan berbicara dengan mempertimbangkan berbagai aturan tata bahasa yang dibentuk oleh tense untuk memudahkan orang untuk dapat mempelajarinya dengan waktu singkat namun tepat.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.