Contoh Teks Prosedur Membuat Kerajinan Tangan

Teks prosedur (procedure text) memiliki tujuan mendeskripsikan langkah-langkah yang harus diambil untuk membuat/melakukan sesuatu. Karena teks prosedur pada umumnya dibaca oleh orang yang awam tentang masalah yang dibicarakan, teks prosedur yang baik adalah yang menggunakan kata-kata mudah dipahami serta menjabarkan secara kronologis langkah yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kamu dapat menemukan teks-teks macam ini di buku petunjuk mengoperasikan barang elektronik, buku resep masakan, maupun selebaran cara mendaftar suatu program.

Prosedur Teks

Struktur umum teks prosedur

Ada tiga bagian yang tidak boleh absen dalam membuat teks prosedur. Bagian pertama adalah tujuan (goal/aim). Bagian ini biasanya diwakili oleh beberapa kalimat yang memberikan garis besar topik yang hendak dibahas.

Bagian kedua dari teks prosedur adalah penjelasan singkat mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari teks. Untuk memudahkan, bagian ini sering disebut sebagai materials.

Terakhir, teks prosedur berisi langkah-langkah (steps) yang menerangkan cara-cara melakukan/membuat sesuatu. Bagian terpenting dari teks prosedur ini diterangkan secara kronologis dengan bahasa yang mudah dipahami dan minim istilah teknis/asing.

Ciri kebahasaan teks prosedur

Teks prosedur selalu menggunakan bahasa yang lugas, tegas, dan langsung agar mudah dipahami pembaca. Instruksi yang terlalu bertele-tele, sulit, dan tidak tepat sasaran malah akan membingungkan pembaca. Sebuah teks prosedur dianggap gagal apabila kebanyakan pembacanya bingung menerapkan instruksi-instruksi di dalamnya.

Mengenai tenses yang digunakan, biasanya teks prosedur menggunakan simple present tense dengan dibantu action verbs, connectives, adverbs, dan imperatives. Semua elemen ini digunakan untuk memandu tindakan pembaca agar mencapai tujuan yang diinginkan.


Contoh teks prosedur “Recycled CD Crab Craft”

If you have a Compact Disk (CD) that is no longer used, you can make it into crab toy for your kids. You can then use the crab toy for pretend play, beach themed party decor, or as wall decoration on your kids’ room.

Ask your kids to help you in making this toy. Make sure that you use child-friendly tools and materials. Prepare these equipment and follow our step-by-step below. Happy crafting!

Materials:

  • Recycled CD
  • Red Tissue Paper
  • Wiggle eyes
  • Red Cardstock
  • Paper Glue
  • Scissors

Steps:

  1. Cut red tissue paper into small squares using scissors
  2. Paint a thick layer of glue all over one side of the CD (does not matter which side you choose)
  3. Stick red tissue paper squares on top of the wet glue, do it until the CD is completely covered
  4. Make six stick legs and two curved front claws from the red cardstock
  5. Glue the legs and claws to the back of the covered tissue paper CD
  6. Do the same with the wiggle eyes
  7. Let it dry completely before using

Now you know how to make crab toy using unused CDs. It’s time to get creative for the next beach themed party!

Baca juga : 3 Contoh Procedure Text


Contoh teks prosedur tentang membuat kerajinan tangan di atas dapat kamu jadikan referensi untuk membuat teks berjenis serupa. Sudah pahamkah kamu? Layangkan tanggapanmu di kolom komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.