5 Fairy Tales Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Fairy Tales adalah cerita fantasi yang biasanya diperuntukkan untuk anak-anak. Cerita fantasi ini biasanya ditandai tokoh imajiner seperti nenek sihir, monster, kurcaci, peri, goblin, dll. Disebut pula dengan istilah “dongeng”, fairy tales lebih menekankan pada jalan cerita yang fantastis dan dipengaruhi hal-hal magis daripada kehadiran karakter peri.

Itu artinya, sebuah fairy tales tidak selalu memunculkan kehadiran sesosok peri. Dongeng seringkali bersifat tradisional, dikisahkan turun-temurun dari pendongeng satu ke pendongeng lainnya sebelum dituangkan ke dalam buku.

Contoh Fairy Tales

Berikut ini 5 fairy tales yang paling terkenal di seluruh dunia :

1. Cinderella

Cinderella mungkin adalah judul dongeng internasional yang pertama kali terlintas di benak kamu. Menurut situs akademis Sur La Lune Fairy Tales, diperkirakan ada lebih dari 1.500 variasi dari dongeng Cinderella di seluruh dunia.

Versi Cinderella yang sekarang ini kamu kenal pertama kali dibukukan oleh Charles Perrault, penulis asal Perancis pada abad ke-17. Di zaman modern, kisah Cinderella menjadi inspirasi banyak karya sastra lainnya, misalnya film Pretty Woman dan novel Ella Enchanted.

2. Snow White and the Seven Dwarfs

Dongeng Snow White and the Seven Dwarfs (Putri Salju dan Tujuh Kurcaci) mungkin bisa dibilang sebagai dongeng dengan tokoh utama yang paling mudah ditipu. Dibalik sikap penuh kasihnya kepada tujuh kurcaci, Snow White tidak pernah melawan kehendak Sang Ratu yang ingin membunuhnya agar awet muda dan cantik.

Dia pun menunggu Pangerannya dalam keadaan beku di dalam peti kaca. Meskipun dongeng ini banyak mendapatkan kritik dari analis modern, Snow White mencatatkan sejarah sebagai dongeng pertama yang dibuat animasi penuh oleh Disney.

3. Sleeping Beauty

Dongeng Sleeping Beauty diyakini berasal dari Islandia dan pertama kali dikisahkan pada abad ke-13. Sejak itu, kisah Putri Tidur ini menyebar ke pelbagai negara di Benua Eropa terutama Perancis, Italia, dan Jerman. Bahkan, kisah ini disebut pula dalam cerita berbingkai The Arabian Nights.

4. Rapunzel

Rapunzel menginspirasi gaya rambut boneka Barbie. Panjang, lurus bergelombang, dan berwarna pirang adalah ciri khas Rapunzel yang tak lekang dimakan waktu.

Cerita Rapunzel pun dianggap sangat menginspirasi. Pada tahun 2002, Mattel merilis film CGI berjudul Barbie as Rapunzel sementara pada tahun 2010 Disney mengeluarkan film kartun Tangled yang terkenal itu.

5. Little Red Riding Hood

Little Red Riding Hood adalah sebuah dongeng yang mempunyai pesan moral agar seorang anak selalu mematuhi perintah orang tua. Alkisah, Si Kerudung Merah diminta orang tuanya untuk mengunjungi neneknya.

Kedua orang tua Si Kerudung Merah sudah memberikan petunjuk arah dan melarangnya masuk ke dalam hutan. Namun, Si Kerudung Merah mengabaikan larangan tersebut. Di dalam hutan, Serigala menarik perhatiannya dengan menyamar sebagai Sang Nenek. Akhir dari cerita ini tergantung versi mana yang kamu baca.

Dalam versi yang dituliskan kembali oleh Charles Perrault, Si Kerudung Merah mati dimakan Serigala. Namun, dalam kisah serupa yang beredar di negara Eropa lainnya, Amerika Utara, Jepang, Cina, dan Ghana, dia berhasil meloloskan diri di menit-menit terakhir oleh seorang laki-laki yang membawa kapak; Serigala tersedak kerudungnya; atau Serigala berhasil memakan Nenek dan Kerudung Merah, namun keduanya dimuntahkan kembali tanpa luka apa pun.

Penulis novel Charles Dickens amat menyukai dongeng ini. Kisah ini juga sudah diceritakan kembali dalam film animasi berjudul Hoodwinked! dengan Anne Hathaway sebagai pengisi suara Si Kerudung Merah.

Masih ada ribuan kisah dongeng lainnya yang sudah diceritakan kembali dalam bentuk komik, film, animasi, drama musikal, dll. Apa dongeng yang paling kamu sukai? Ceritakan sinopsisnya di kolom komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.