Cara Menulis Instruksi Melakukan Sesuatu yang Benar

Menurut KBBI Daring, instruksi adalah perintah atau arahan untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas. Seorang kontraktor saluran air bernama Dennis Walstra pernah mengatakan bahwa ketika menulis instruksi, jangan mengasumsikan apa pun. Jika pembaca mengerti apa yang mereka lakukan, mereka tidak akan membutuhkan instruksi tersebut.

Ketika kamu membaca sebuah instruksi dan kamu merasa frustrasi memahami instruksi tersebut, bisa jadi instruksi yang kamu baca memang berkualitas rendah. Instruksi yang ditulis dengan buruk memang bisa menjadi masalah di kemudian hari apalagi jika pekerjaanmu tergantung pada instruksi-instruksi tersebut. Misalnya, jika kelak kamu bekerja di industri mesin. Instruksi yang baik menjelaskan bagaimana menyelesaikan proses dengan menggunakan prosedur yang jelas, langkah per langkah.

Cara menulis instruksi yang bermanfaat

  1. Ketahui tujuanmu menulis instruksi
    Kemukakan tujuanmu menulis instruksi dan tetaplah berpegang pada tujuan tersebut. Jangan sampai instruksimu melebar ke mana-mana.
  2. Kenali target pembaca
    Apa yang sudah pembaca ketahui dan perlu mereka ketahui tentang proses tersebut? Apakah mereka mengetahui istilah-istilah teknis yang berkenaan dengan apa yang hendak mereka kerjakan? Tulis instruksimu sesuai dengan kebutuhan pembaca.
  3. Ketahui prosesnya
    Pastikan bahwa kamu mengetahui proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan penulisanmu di luar kepala.
  4. Buat daftar langkah-langkah melakukan kegiatan yang dimaksud
    Bagian pertama sebuah instruksi meliputi pengantar yang memberikan gambaran umum proses secara keseluruhan dan sebutkan tujuan instruksi tersebut dibuat.
    Bagian kedua berisi daftar alat dan bahan yang diperlukan.
    Bagian ketiga mengemukakan urutan melakukan kegiatan yang dimaksud hingga mencapai tujuan.
  5. Tulis langkah-langkah untuk melakukan kegiatan yang dimaksud
    Gunakan kata kerja yang jelas dan tepat untuk memberi tahu pembaca apa yang harus dilakukan. Gunakan pula istilah tepat untuk alat, bahan, dan pengukuran yang diperlukan.
  6. Perjelas langkah-langkahnya
    Karena pembaca akan bekerja bolak-balik antara melakukan kegiatan dan membaca instruksi kamu, tulisanmu harus mudah dibaca. Beri nomor langkah-langkah petunjukmu dan gunakan gambar untuk membantu pembaca.
  7. Koreksi instruksi yang kamu tulis
    Setelah tulisanmu jadi, biarkan beberapa hari berlalu sampai kamu mengoreksinya kembali. Saat mengoreksi, posisikan dirimu sejajar dengan pembaca yang belum tahu apa-apa dan cobalah mengikuti instruksi yang kamu tulis. Minta temanmu untuk melakukan hal yang sama. Kemudian, revisi instruksimu jika perlu.

Untuk mengetahui contoh-contoh instruksi dalam bahasa Inggris, kamu dapat membaca contoh teks prosedur di BahasaEnglish.com.

Referensi :
Sebranek, P., Meyer, V., & Kemper, D. (1996). Writers Inc: A Student Handbook for Writing and Learning. Great Source Education Group.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.