Pedoman Cepat Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris

Pedoman Cepat Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris | Menulis untuk kepentingan bisnis tentu berbeda dengan menulis untuk kepentingan pribadi. Apalagi jika harus ditulis dalam Bahasa Inggris, penulis harus paham struktur dan tata caranya.

Semua tulisan bisnis, baik itu surat bisnis, resume, atau memo, perlu mempunyai karakteristik sebagai berikut :

Cara Menulis Surat Bisnis

  1. Diawali dengan pembukaan/salam pembuka

    Kamu perlu menulis untuk keperluan bisnis ketika butuh menghubungi orang lain untuk melakukan kegiatan terkait bisnis. Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan kamu kepada yang bersangkutan, kamu perlu membuka dengan kata-kata singkat yang menarik perhatian.

    Contoh bagian pembuka pada tulisan bisnis :

    – Dear Human Resources Director,…
    – To Whom It May Concern :
    – I would like to apply for…
    – I would like to request…
    – I am writing this to thank you personally for…
    – This letter is to formally inform you that…

  2. Memiliki tujuan bisnis jelas

    Tujuan dari tulisan bisnis adalah untuk mendiskusikan, mengumumkan, mengklarifikasi, atau mengonfirmasi kepentingan spesifik terkait bisnis tertentu. Tujuan lainnya adalah untuk memulai atau melanjutkan beberapa tindakan yang berkaitan dengan masalah bisnis.

    Contoh isi surat bisnis :

    This letter is to confirm that Carol G. Perras worked under my direct supervision as Key Account Marketing Manager from January 2008 until December 2014. During this period, Carol progressed sales trainee to fully certified marketing manager by the time she left for another job.

    I would say that Carol has excellent written, interpersonal, and communication skills. She showed good leadership and willingness to work with people to achieve project goals.

    During her work as Key Account Marketing Manager, Carol had accomplished several projects, such as preparing, attending, and actively participating in business meetings. She also excelled in managing marketing and branding objectives. She had achieved a lot in her early years as marketing manager.

    Based on my observation as her supervisor, I believe Carol has excellent potential to become a high-performing marketing manager in any business she’s in.

  3. Bentuk tulisan formal sesuai aturan

    Dalam penulisan terkait bisnis, kamu diharuskan untuk menggunakan standar dasar bentuk dan gaya tulisan. Tulisanmu harus disajikan dalam format yang mudah dikenali sehingga rekan kerjamu mudah menindaklanjuti isinya. Tulisan bisnis merupakan bentuk komunikasi yang sangat terstruktur dan fungsional.

    Misalnya, surat bisnis ditutup dengan salam formal di antaranya :
    – Sincerely,
    – Your sincerely,
    – With sincere sympathy,

  4. Selalu mengutamakan audiens

    Biasanya, tulisan bisnis diperuntukkan untuk satu individu atau kelompok tertentu tentang bentuk bisnis tertentu. Selalu sertakan informasi yang dibutuhkan untuk ditindaklanjuti atas permintaan, perhatian, dan pengumuman kamu kepada audiens.

  5. Berpendirian

    Ungkapkan maksud dan tujuan kamu secara jelas, ringkas, dan sopan dalam tulisan bisnis. Anggap tulisan kamu sebagai salah satu bagian dari percakapan langsung dan tulus dengan pembaca.

  6. Menggunakan sudut pandang sesuai dengan target pembaca

    Gunakan sudut pandang orang pertama dalam komunikasi antarkolega bisnis dan sudut pandang orang ketiga (he, she, they) di sebagian besar pesan dan memo umum.

Secara garis besar, penulisan bisnis adalah proses berbagi informasi terkait pekerjaan dengan menggunakan format baku. Sebagai penulis, kamu harus mengetahui tujuan penulisan dan bagaimana tulisan tersebut harus dipresentasikan (dalam bentuk yang benar).

Itulah beberapa pedoman cepat menulis surat bisnis dan kepentingan bisnis lainnya. Apakah kamu sudah mengerti? Cobalah membuat sepucuk surat bisnismu sendiri dan tulis contoh suratmu di kolom komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.